Rekomendasi Pilihan Pekerjaan yang Sesuai Bagi Penyandang Disabilitas

Bekerja merupakan aktualisasi diri, sekaligus menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan selama ini. Bekerja tidak memandang bulu, semua lapisan masyarakat memiliki hak untuk bekerja, termasuk penyandang disabilitas. Hanya saja, kinerja penyandang disabilitas masih dipandang sebelah mata. Banyak orang menganggap bahwa disabilitas tidak mampu bekerja mengimbangi pekerja non-disabilitas. Parahnya, masih ada orang yang mengira penyandang disabilitas tidak mampu melakukan apapun. Padahal pandangan tersebut salah.

Disabilitas hanyalah keterbatasan yang dimiliki beberapa orang, sejak lahir maupun akibat kecelakaan tertentu. Mereka masih memiliki hak yang sama, terutama hak untuk bekerja. Mereka masih bisa berkarya, bahkan ada yang mampu menorehkan prestasi melebihi kaum non-disabilitas. Anggapan seperti inilah yang sedang diminimalisir oleh pemerintah dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan kaum disabilitas. Dengan adanya sosialisasi yang baik, perusahaan mampu memenuhi fasilitas yang dibutuhkan ketika merekrut kaum difabel sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Namun bagi Anda yang masih bingung mempertimbangkan jenis pekerjaan apa yang sesuai dengan disabilitas yang dimiliki, berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan dalam memilih pekerjaan :

– Berkarir di bidang olahraga
Sudah banyak bukti bahwa penyandang disabilitas mampu menorehkan prestasi di bidang olahraga, baik secara nasional maupun internasional. Kejuaraan Para Games menjadi bukti bahwa penyandang disabilitas tidak bisa diremehkan. Meski memiliki kekurangan, mereka masih memiliki kelebihan di bidang olahraga. Meski kejuaraan khusus disabilitas hanya diadakan dalam beberapa tahun sekali, namun hasil yang didapat bisa dijadikan modal usaha sembari terus berlatih untuk kejuaraan selanjutnya.

– Bekerja di industri rumahan
Bagi penyandang disabilitas yang tidak memiliki akses mobilitas, bekerja di industri rumahan adalah pilihan terbaik. Anda dapat mengasah keterampilan yang dimiliki untuk tetap berkarya. Contoh pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah adalah menjahit, melukis, membuka usaha tertentu, bahkan dengan kemajuan teknologi, Anda bisa bekerja freelance dari rumah. Jika Anda punya kemampuan menulis, Anda bisa melakukannya dari jarak jauh dengan memanfaatkan akses internet. Berkembangnya teknlogi mampu menjadi salah satu akses untuk mendapatkan pekerjaan dari rumah.